Selasa, 16 Agustus 2016

4 tanda smartphone anda akan berumur pendek dan cepat rusak

izaldroid
Smartphone rusak
Di zaman yang serba mobile dan multi tasking seperti saat ini, smartphone merupakan barang yang umum dan primer yang tentu saja wajib dimiliki semua orang untuk membantu mereka dalam melakukan berbegai aktivitas sehari-hari.Maka dari itu keberadaan smartphone sangatlah vital dan tidak bisa disepelekan lagi keberadaanya saat ini.

Namun bagaimana jika smartphone yang kita miliki rusak..? tentu saja hal itu pasti akan membingungkan kita.

Sebenarnya ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang dapat menjadi indikator bahwa smartphone anda kita berumur pendek atau cepat rusak.Walaupun kebanyakan tanda-tanda tersebut terjadi karena disebabkan oleh perilaku kita atau bisa pula karena kesalahan pabrik.

Lalu apa saja tanda-tanda smartphone akan berumur pendek...? oke,langsung saja kita ulas.

1. Handphone selalu aktif atau tidak pernah dimatikan.


smartphone memang kebutuhan yang sangat penting! namun jangan sampai karena sifatnya yang penting anda selalu mengaktifkan smartphone setiap saat dan tidak pernah membiarkanya mati.

Jika smartphone selalu aktif sepanjang waktu, maka cepat atau lambat hal tersebut akan menurunkan performanya,menurunkan kualitas daya baterai dan bisa saja dapat merusak komponen yang ada di dalam smartphone.

Logikanya smartphone yang selalu aktif sama saja seperti seseorang yang terus bekerja tanpa henti,dan tentu saja hasil pekerjaanya akan bernilai negatif bukan positif.


2. Menggunakan perangkat pendukung abal-abal.

Dalam mengoperasikan smartphone tentu saja kita membutuhkan perangkat pendukung seperti charger,kabel data,headphone dll.Namun terkadang kebiasaan buruk kita adalah tidak pernah memperdulikan segi orisinalitas perangkat pendukung yang kita gunakan.

Kenapa harus orisinil...? ya tentu saja harus... karena perangkat orisinil selain sudah dirancang untuk melakukan tugas fungsionalnya,juga dirancang dari segi kompatibilitas dan keamanannya dengan perangkat smartphone milik kita.

Berbeda dengan perangkat pendukung abal-abal yang hanya memperdulikan sisi fungsionalnya saja tapi tidak pernah peduli dengan segi kompatibilitas dan keamanan perangkat smartphone.

Misalnya kita buat contoh seperti charger.Setiap smartphone memiliki batas voltase minimal dan maksimal yang berbeda,apabila menggunkan charger orisinil syarat batas voltase itu akan terpenuhi karena charger sudah dicocokan dengan spesifikasi smartphone.

Namun jika menggunkan charger abal-abal biasanaya besar voltasenya tidak sama dengan smartphone dan ini tentu dapat membahayakan.Apabila voltase charger lebih besar daripada baterai smartphone hal itu dapat menyebabkan baterai smartphone mudah kembung bahkan dapat meledak.

3.Membiarkan perangkat Wireless selalu aktif

Jangan pernah membiarkan perangkat wireless seperti bluetooth,wifi dan GPS selalu aktif pada smartphone milik anda.

Apabila kita selalu mengaktifkan perangkat wireless terus menerus,hal itu akan membuat kinerja smartphone menjadi berat, karena smartphone akan terus-menerus mencari sinyal bluetooth,wifi dan GPS tanpa henti bahkan disaat smartphone dalam keadaan sleep.

Aktifkanlah perangkat wireless pada saat dibutuhkan saja dan nonaktifkan kembali jika kita telah usai menggunakanya.

4.Smartphone sering mengalami "Hang" dan cepat panas

Apabila smartphone anda sering mengalami "hang" dan cepat panas maka bisa jadi ini adalah tanda-tanda yang cukup serius untuk menandakan bahwa smartphone anda sedang diambang kerusakan.

Hang terjadi selain karena ada kerusakan hardware juga bisa terjadi karena akumulasi dari kesalahan penggunaan yang sudah saya paparkan dari tanda 1 sampai 3.Jika hal ini terjadi segeralah bawa smartphone anda ke service center terdekat untuk diperbaiki sebelum keadaanya semakin parah.

Itulah beberapa tanda-tanda smartphone anda akan berumur pendek atau rusak,ada baiknya mari kita rawat dan jaga baik-baik smartphone yang kita miliki..!patuhilah pentunjuk dasar yang ada di manual booknya.Seperti kata orang bijak lebih baik mencegah daripada mengobati.

Oke...! sekian dari saya,semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi teman semua.  
Terima kasih. :)


EmoticonEmoticon